MEMBUAT MANUAL WAMP SERVER

Nama : SIGIT ROOSDY S
Nim : 08140038
Kelas : H

MEMBUAT MANUAL WAMP SERVER

A. Pengertian Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.
Server itu sendiri mempunyai tugas yaitu :
1. Sebagai penyimpan utama ( storage system )
2. Pengatur lalu lintas data, yaitu akan membedakan antar user dengan end user. ( user : pemakai system , end user : pemakai di luar system, seperti OPAC ), dan membedakan kewenangan user.
Server ini biasanya selalu terhubung dengan client dengan menggunakan kabel UTP dan sebuah NETWORK CARD. Kartu jaringan ini biasanya menggunakan PCI / ISA.
B. Jenis Server
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi (application server), server data (data server) maupun server proxy (proxy server).
Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client,
Samba (server message block) adalah protokol file sharing dan printer sharing untuk menyaingi protokol yang telah ada yakni Novell’s IPX-based. SMB ini merupakan protokol file sharing dan printer sharing pertama yang dapat berjalan pada multi protokol: TCP/IP, NetBEUI, IPX/SPX. Dengan kata lain SMB server dapat menggantikan posisi Novell server tanpa harus merubah infrastruktur dari jaringan.
Server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.
FTP Server Salah satu yang tertua dari layanan Internet, File Transfer Protocol memungkinkan untuk memindahkan satu atau lebih file aman antara komputer dengan menyediakan keamanan dan organisasi berkas serta transfer kontrol.
Groupware Server Sebuah server groupware perangkat lunak yang dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau Intranet perusahaan dan untuk bekerja bersama dalam suasana virtual.
IRC ServerPilihan bagi mereka yang mencari kemampuan real-time, Internet Relay Chat terdiri dari berbagai jaringan terpisah (atau "nets") dari server yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan satu sama lain melalui jaringan IRC.
List Servers Daftar server menawarkan cara untuk lebih baik mengelola milis, apakah mereka diskusi interaktif terbuka untuk umum atau satu arah daftar yang memberikan pengumuman, buletin, atau iklan.
Mail Server Hampir sama di mana-mana dan penting sebagai web server, mail server mail memindahkan dan menyimpan lebih dari jaringan perusahaan melalui LAN dan WAN dan di Internet.
Sebebenarnya masih banyak lagi jenis server yang tidak dapt disebutkan.

C. Software Server

Software server atau web server yang sering kita jumpai diantaranya adalah Wamp. Xampp. Lamp, PHP Triad.
Wamp adalah software server yang biasa diguanakan atau diaplikasikan dalam OS Windows, artinya software ini hanya berlaku dan cocok pada windows saja dan tidak running pada lynux.
Xampp dan Lamp itu justru lebih bisa di keduanya yakni bisa running pada windows maupun lynux.
Untuk PHP triad ini juga runningnya pada windows.
D. Installasi Wamp
Untuk melakukan installasi wamp dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Buka explorer lalu double click file WAMP.exe ; lalu akan muncul setup wamp-nya
2. Pilih next
3. Kemudian akan muncul kotak dialog, pilih I accep the agreement
4. Selanjutnya Pilih next
5. Kemudian akan muncul kotak dialog, untuk menentukan ke folder mana ia akan di simpan..setelah itu klik next
6. Tunggu beberapa saat, hingga kemudian muncul kotak dialog untuk menentukan nama shortcut di start menu yang dia pakai dengan default Wamp Server, lalu pilih next
7. Muncul pilihan untuk otomatis memulai WAMP ketika komputer dihidupkan. Pilih tanda √ untuk memilih. Lanjutkan dengan mengklik tombol Next
8. Setelah itu klik install…………. Dan proses install pun dimulai…
9. Masukan nama folder tempat menyimpan nama website. Default nama foldernya adalah www, Lalu klik ok
10. Masukan nama server yang diapakai. Jika server yang dipakai ada dikomputer yang dipakai biarkan default (localhost) yang dipakai
11. Masukan alamat email yang akan dikirimkan berita dari PHP (boleh dibiarkan/default)
12. Jika browser ada yang aktif maka muncul pertanyaan “firefox has been detected on your computer. Would you like to use it as default browser with wamp?”. Maka langkah selanjutnya matikan browser anda ( matikan koneksi internet )
Pilih Launch WAMP now untuk langsung mulai menjalankan service yang ada di WAMP, lalu tekan tombol Finish
E. Konfigurasi wamp server
Apabila dalam symbol wamp ( sys try icon ) yang berada di taskbar bawah masih berwarna merah maka aplikasi wamp belum bisa di jalankan tetapi bila sudah berwarna kuning itu berarti aplikasi wamp bisa di jalankan alias hidup.
1. Off line
Apabila wamp dalam status online, maka yang muncul adalah symbol wamp itu jika di klik akan muncul tulisan PUT OFF LINE di bagian paling bawah. Jika klik PUT OFF LINE maka hanya kita pakai ( computer utama ) yang dapat melakukan olah data, melihat isi semua yang berada pada aplikasi wamp server ini.
2. On line
Bila kita sudah membuka wamp dan jika kita klik symbol wamp di taskbar yang berada di bawah maka akan muncul tulisan PUT ON LINE. Jika kita meng klik itu maka aplikasi wamp ini akan dapat di akses oleh computer lain yang sama – sama menggunakan wamp dan terhubung ke computer kita ( semacam melakukan system LAN ) . sehingga dengan begitu pihak atau orang lain dapat mengakses data koleksi yang dimiliki walaupun itu terbatas.tetapi akses itu dengan memasukkan alamat IP yang sama dengan computer utama.

3. Host
Host adalah cakupan atau luasnya suatu jaringan. Host itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :
A. Local Host
Suatu jaringan hanya untuk wilayah local saj ini di sebut dengan nama LOCAL AREA NETWORK ( LAN ) . sehingga hanya mampu melakukan hubungan antar computer yang ada dalam jariangan tersebut.dan tidak dapat berhubungan antar dunia karena local host ini bukan internet. Ini bias any menggunakan default IP address yaitu 127.0.0.1 atau pada saat kita masukkan IP itu dalam browser maka akan muncul server itu dalam bentuk software server, seperti jika kita menggunakan wamp,maka akan muncul adalah page wamp tersebut.
B. Name Alias Local Host
Pemberian nama yang spesifik untuk satu nama computer tententu dalam suatu jaringan. Karena namanya yang unik maka tidak boleh ada dua atau lebih nama yang sama. Jika terjadi persamaan nama yang sama maka computer akan memberitahukan bahwa terjadi duplikasi nama yang sama. Tetapi jika computer tidak terkoneksi ke dalam suatu jaringan, pemberian nama yang sama tidka akan terjadi masalah. Seperti contoh dalam melakukan input ke dalam data koleksi perpustakaan yang menggunakan senayan.
F. Penutup
Pada setiap system jaringan yang terhubung dengan jaringan lainnya itu pasti akan membutuhkan yang namanya server sebagai pokok penerima dan pengirim pesan yang di sampaikan kepada user. Server sendiri mempunyai banyak jenis ada yang menggunakan open source maupun yang komersial source. Diantaranya ada server windows 2003, windows 2000, sun solaris dan unix.Dll.
Pada kenyataannya server selalu berhubungan dengan klien sehingga sering kita sebut hubungan itu dengan istilah server – client.
Semoga apa yang telah di paparkan di atas dapat menjadi bermanfaat bagi para pembaca. Dan penulis pun masih merasa banyak kekurangan akan informasi yang telah di berikan karena terbatasnya pengetahuan dan sumber yang dimiliki,penulis akan merasa senang akan saran dan kritiknya. Terima kasih.

0 Response to "MEMBUAT MANUAL WAMP SERVER"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme